Wayang merupakan karya seni nenek moyang yang wajib kita lestarikan.

LESUNG (LUMPANG) & ALU

ALU KAYU

LUMPANG & ALU

lesung, lumpang dan alu merupakan peralatan yang digunakan untuk menumbuk padi pada zaman dahulu sebelum mesin penumbuk padi, ketela (gaplek), dan jamu.  digunakan di Indonesia terutama masyarakat Jawa. Lesung dan alu terbuat dari kayu utuh.

Lesung merupakan dasar untuk menumbuk padi. Lesung berbentuk balok persegi panjang (tergantung model) yang ditengahnya cekung besar dan lebar . Pasangan dari lesung adalah alu. alu berbentuk stick kayu sebagai penumbuk padi.

LUMPANG

LUMPANG KAYU

Lumpang berbeda dengan lesung. Lumpang cekungannya lebih kecil. Lumpang digunakan untuk menumbuk jamu, jagung, dan ketela (gaplek).

Lesung, lumpang, dan alu terbuat dari kayu utuh misalnya kayu jati, kayu nangka, sono (sono keling) atau glugu.  Jenis kayu sebagai bahan pembuat lesung, lumpang, dan alu menentukan harga.

Perkembangan zaman membuat lesung, lumpang, dan alu ditinggalkan. Karena kualitas kayu yang bagus (utuh) banyak orang memanfaatkannya untuk bahan mebel, pintu, dan lain-lain.  Kayu diambil yang berukuran besar serta kayu yang keras.

Harga lesung/lumpang:

Rp 4.000.000,00

tergatung jenis kayu dan luas (volume).

Beberapa artikel terkait lesung, lumpang, dan alu kuno:

Credit Photo:  Iwan S.

, ,

No comments yet.

Leave a Reply